Thursday 7 June 2012

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

1. Sebutkan definisi atau pengertian dari istilah-istilah sebagai berikut :
a.  Software:
 Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang   disimpan dan      diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

b. System:
Menurut LUDWIG VON BARTALANFY  Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.

c. Apllication:
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

d. Software Engineering:
Menurut B.W. Boehm :
 Software engineering adalah aplikasi ilmu pengetahuan dan matematika dimana kemampuan perangkat komputer yang dibuat bermanfaat bagi manusia melalui program komputer, prosedur, dan dokumentasi terkait.

Menurut Fritz Bauer :
Software Engineering adalah pembuatan dan penggunaan prinsip rekayasa untuk   memperoleh perangkat lunak secara ekonomis dimana perangkat lunak tersebut dapat dipercaya dan bekerja secara efisien pada mesin nyata.

e. Software engineer :   
orang yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak untuk pengujian, pengembangan desain,, dan evaluasi perangkat lunak dan sistem yang membuat komputer atau apapun yang mengandung kerja perangkat lunak.

f. Software developer

g.  Programmer:
Programmer merupakan orang yang mampu membuat program/perangkat lunaknya shg dapat menjalankan perangkat kerasnya/hardware.





2.  Apakah proses produksi PL identik atau serupa dengan proses
    produksi pada pabrik/manufaktur pembuatan mobil? Jelaskan
   alasannya
jawab :  berbeda , perbedaan itu terlihat dari segi metode yang di gunakan dan biaya yang   digunakan .


3. Bidang rekayasa perangkat lunak apakah sebagai bagian dari seni atau bagian dari  teknik? Jelaskan alasannya!
      Jawab :  software design


4. Mengapa ada proses-proses atau tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam rekayasa 
    perangkat lunak?

    Jawab : karena dengan adanya tahap-tahap tersebut  akan mendapatkan /memperoleh hasil yang relevan ,dan sesuai dengan keiginan programmer tersebut.


5. Mengapa perangkat lunak sebaiknya fokus  pada pelanggan atau pengguna?

Jawab :  karena User atau pengguna merupakan bagian terpenting dalam tujuan pembuatan PL . Sehinga user merupakan komponen yang menentukan apakah PL tersebut  telah memenuhi spesifikasi untuk dikembangkan sebagai produk.

No comments:

Post a Comment

berikan kritik anda